Peningkatan Kemampuan Degradasi Zno terhadap Rhodamin B dengan Impregnasi pada Karbon Aktif dari Sabut Kelapa (Cocos Nucifera L).

Hardiani, Rahayu (2022) Peningkatan Kemampuan Degradasi Zno terhadap Rhodamin B dengan Impregnasi pada Karbon Aktif dari Sabut Kelapa (Cocos Nucifera L). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_RAHAYU_HARDIANI_17036096_2389_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang peningkatan kemampuan degradasi katalis AC-ZnO terhadap Rhodamin B dengan impregnasi pada karbon aktif dari sabut kelapa (Cocos nucifera L) telah dilakukan. Karbon aktif dikatalis dengan katalis semikonduktor ZnO dengan metode impregnasi. Impregnasi dilakukan dengan memvariasikan penambahan karbon aktif (AC) 5%, 10%, 15%, 20% dan 25% massa ZnO. Katalis dikalsinasi pada suhu 30 selama 105 menit. Untuk hasil uji adsorpsi AC-ZnO terhadap Rhodamin B, katalis diuji pada degradasi larutan Rhodamin B (10 ppm) dengan penyinaran sinar UV, kemampuan AC-ZnO menyerap Rhodamin B paling optimum pada variasi 15% dengan massa katalis 75 mg yaitu dengan persen degradasi yang didapatkan 89,76%. Ini menunjukkan bahwa karbon aktif dari sabut kelapa dapat mendukung untuk meningkatkan peran ZnO dalam mendegradsi Rhodamin B. Karakterisasi hasil % degradasi optimum dilakukan dengan FTIR. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa katalis ZnO berhasil terbentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KARBON AKTIF, KATALIS, KEMAMPUAN DEGRADASI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:39
Last Modified: 01 Aug 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38965

Actions (login required)

View Item View Item