Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Batang Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Tersulfonasi untuk Pembuatan Biodiesel dari Palm Fatty Acid Destilate (Pfad).

Pernadi, Niza Lian (2022) Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Batang Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Tersulfonasi untuk Pembuatan Biodiesel dari Palm Fatty Acid Destilate (Pfad). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NIZA_LIAN_PERNADI_18036140_2315_2022.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk di dunia dan menipisnya ketersedian bahan bakar sehingga diperlukan bahan bakar alternative. Bahan bakar potensial yang dapat dikembangkan yaitu biodiesel. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sifat fisikokimia dan aktivitas katalitik katalis karbon batang eceng gondok tersufonasi serta pengaruh variasi alkohol dalam reaksi esterifikasi PFAD pada pembuatan biodiesel. Metode yang digunakan dalam sintesis katalis yaitu kalsinasi dan sulfonasi. Proses kalsinasi dilakukan berdasarkan data TGA pada daerah dekomposisi masaa. Kemudian dilanjutkan dengan proses sulfonasi menggunakan H2SO4 pada suhu 160℃. Katalis yang diperoleh dikarakterisasi dengan instrument FTIR, XRD dan situs asam. Selanjutnya, katalis diaplikasikan pada proses pembuatan biodiesel dengan metode reaksi esterifikasi. Pada esterifikasi ini digunakan beberapa senyawa alkohol yaitu metanol, etanol dan 2- propanol. Biodiesel yang dihasilkan dikarakterisasi dengan FTIR dan dilakukan uji sifat-sifat biodiesel untuk mengetahui aktivitas katalitik katalis karbon batang eceng gondok tersulfonasi. Berdasarkan analisa instrument dengan FTIR didapatkan dua puncak kembar pada bilangan gelombang 1300-1000 cm-1 yang menunjukkan keberadaan SO2 dari gugus sulfonate. Pada spektrum biodiesel terdapat pita serapan dengan bilangan gelombang 1300 – 1000 cm-1 menunjukkan keberadaan ikatan ester pada biodiesel. Aktivitas katalitik dan konversi FFA tertinggi ditunjukkan oleh S-BEG 350. Senyawa alkohol yang efektif yang digunakan dalam reaksi esterifikasi yaitu metanol. Urutan reaktivitas alkohol berdasarkan penelitian ini yaitu metanol > etanol > isopropil alkohol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KATALIS KARBON TERSULFONASI, BATANG ECENG GONDOK, ESTERIFIKASI
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:38
Last Modified: 01 Aug 2022 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38963

Actions (login required)

View Item View Item