Pemanfaatan Pati Buah Sukun (Artocarpus altilis) sebagai Bahan Baku Pembuatan Plastik Biodegradable dengan Plasticizer Gliserol.

Nulfia, Indah (2022) Pemanfaatan Pati Buah Sukun (Artocarpus altilis) sebagai Bahan Baku Pembuatan Plastik Biodegradable dengan Plasticizer Gliserol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WIRNA_ELIZA_16035082_1112_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Sukun termasuk ke Salah satu bahan pangan yang belum banyak dimanfaatkan di indonesia, pemanfaatan buah sukun kurangnya karena tidak bisa disimpan terlalu lama dan akan cepat membusuk. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk peningkatan kualitas pemanfaatan buah sukun dengan mengolahnya menjadi produk yang beragam, meningkatkan nilai ekonomis dan daya simpan yang lebih baik. Dengan membuatnya sebagai bahan utama dalam pembuatan plastik biodegradable. Tujuan penelitian ini untuk membuat plastik biodegradable dari pati sukun dengan menggunakan gliserol sebagai plasticizer dan untuk mengetahui pengaruh penambahan plasticizer terhadap sifat mekanik, sifat fisik dan struktur plastik biodegradable. Konsentrasi gliserol yang digunakan adalah 0,4 ml; 0,8 ml; 1,2 ml; 1,6 ml; 2ml. Pada penambahan gliserol konsentrasi terbaik digunakan untuk plastik biodegradable dengan penambahan gliserol 1,2 mL, dengan nilai kuat tarik 8,19 Mpa, elongasi 24,12 % dan elastisitas 615,71 Mpa yang dihasilkan sudah memenuhi standar JIS dan SNI. Pengujian karakteristik sifat fisik nilai kandungan air dan sweling nilai tertinggi pada penambahan 2 mL plasticizer gliserol. Pada uji biodegradasi pada penambahan 2 mL telah terdegradasi sempurna pada hari ke-12. Pada pengujian karakterisasi struktur plastik biodegradable pada pegujian gugus fungsi dengan instrumen FTIR tidak ditemukan gugus fungsi baru, dan pada pengujian XRD menunjukan derajat kristalinitas penambahan gliserol 66,81 % lebih rendah dibandingkan dengan tanpa penambahan gliserol. Berdasarkan penelitian dengan penambahan plasticizer gliserol dapat mempengaruhi sifat fisik, sifat mekanik, biodegradasi dan karakterisasi struktur dari plastik biodegradable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUAH SUKUN, PLASTIK
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:38
Last Modified: 01 Aug 2022 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38962

Actions (login required)

View Item View Item