Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Sistem Koloid Menggunakan Model Rasch.

Eliza, Wirna (2022) Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Sistem Koloid Menggunakan Model Rasch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WIRNA_ELIZA_16035082_1112_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu kebijakan belajar yang digagas oleh Mendikbud yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. AKM merupakan bagian dari Penilaian Asesmen Nasional pengganti ujian nasional dalam penilaian hasil belajar peserta didik yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Muatan penilaian dalam kebijakan tersebut meliputi literasi dan numerasi. Berdasarkan itu perlu dilakukan pengembangan instrumen yang dapat menilai kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Pengembangan butir soal literasi kimia pada materi sistem koloid dengan menggunakan model Rasch dapat menjadi suatu solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas konten (isi), validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran butir soal literasi kimia pada materi sistem koloid yang dikembangkan dengan model Rasch. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain Model of Educational Reconstruction (MER). MER terdiri dari tiga tahapan, yaitu (1) analisis struktur konten, (2) penelitian mengajar dan belajar, dan (3) pengembangan dan evaluasi. Pengujian validitas konten (isi) dilakukan oleh lima validator dan dianalisis menggunakan model Rasch dengan aplikasi facet. Sedangkan pengujian secara empiris terhadap peserta didik dianalisis menggunakan model Rasch dengan aplikasi winstep. Hasil analisis validitas konten pada penelitian ini menunjukkan hasil persetujuan (exact agreements) sebesar 88,9% dan perkiraan hasil persetujuan (expected agreements) sebesar 89,6%. Sedangkan hasil analisis instrumen literasi kimia memiliki kategori valid dan memiliki nilai reliabilitas instrumen yaitu 0,81 dengan alfa Cronbach 0.97. Sementara daya pembeda soal menunjukkan 3 kelompok soal, serta indeks kesukaran butir soal dapat dibedakan menjadi empat kelompok yaitu mudah, sedang, dan sulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LITERASI KIMIA, KOLOID, MODEL RASCH
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:37
Last Modified: 01 Aug 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38956

Actions (login required)

View Item View Item