Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA/MA.

Firia, Nesya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NESYA_FIRIA_17035074_167_2022.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Titrasi Asam Basa merupakan materi kimia yang sulit bagi kebanyakan siswa karena bersifat abstrak. PowerPoint digabungkan dengan iSpring dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi Titrasi Asam Basa dengan tampilan manarik berupa text, gambar, video, animasi, quiz dan soal-soal interaktif. Pertanyaan prompting juga dapat menuntun siswa untuk menemukan konsep dan membuat pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan Prompting pada materi Titrasi Asam Basa kelas XI SMA/MA dan menentukan kevalidannya. Jenis penelitian ini adalah Desain Research dan menggunakan model pengembangan Plomp. Media pembelajaran Powerpoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting divalidasi oleh 5 orang validator ahli materi dan 3 orang validator ahli media. Instrumen penelitian berupa lembar self evaluation, lembar wawancara one to one evaluation, dan lembar validasi. Hasil data validasi dianalisis menggunakan teknik analisis data Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting dinyatakan telah valid secara konten, konstruk dan media dengan nilai rata-rata validitas konten adalah 0,92.,nilai rata-rata untuk validitas konstruk sebesar 0.92 dan untuk validitas media sebesar 0,99.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, ASAM BASA, VALIDITAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:37
Last Modified: 01 Aug 2022 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38954

Actions (login required)

View Item View Item