Mardani, Novia (2021) Implementasi Metode Iqra’ dan Tartil pada Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Jabal-Rahmah Semen Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_NOVIA_MARDANI_17329083_4579_2021.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Peneliti mengangkat masalah tentang : bagaimana pelaksanaan metode Iqra’ dan metode Tartil serta faktor penghambat dan pendorong dari kedua metode tersebut di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Jabal-Rahmah Semen Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primernya adalah guru kelas Tamhid A dan B, santri kelas Tamhid A dan B, dan juga kepala TPQ. Sedangkan data sekundernya adalah buku, jurnal dan internet mengenai metode Iqra’ dan Tartil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penganalisaan data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Sedangkan teknik pengabsahan data meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Iqra’ dan Tartil pada kegiatan pendahuluan dan penutup pembelajaran sama dengan kegiatan pembelajaran yang biasanya, yang mana kegiatan pendahuluannya yaitu : 1) merapikan tempat duduk, 2) berdo’a, 3) pengambilan absen, 4) menanyakan kabar santri, 5) dan murajaah hafalan. Sedangkan pada bagian penutup pembelajarannya : 1) guru menanyakan kepahaman santri, 2) guru memberikan tugas dirumah, 3) berdo’a bersama-sama, 4) santri bersalaman dengan guru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE IQRA’, METODE TARTIL |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 08:12 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 08:12 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38941 |
Actions (login required)
View Item |