Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Panti Sosial Bina Remaja Padang Panjang

Fitriza, Yulmi (2022) Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Panti Sosial Bina Remaja Padang Panjang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YULMI-FITRIZA_19155025_1950_2022.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Diklat PSBR Padang Panjang. Evaluasi yang digunakan adalah model CIPP dari Stufflebeam, yang ditinjau dari empat aspek yaitu: aspek evaluasi konteks, input, proses dan produk dari pelaksanaan program Diklat PSBR Padang Panjang. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara, pengajar, dan peserta pada Diklat PSBR Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber data. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: Evaluasi context (konteks) Program diklat PSBR Padang Panjang telah memenuhi persyaratan yang ada pada peraturan pemerintah tentang pelaksanaan diklat, struktur dan sarana prasarana yang ada juga telah memenuhi standar dari Diklat pada umumnya. Hasil Evaluasi input (masukan) kurikulum sudah relevan dengan kebutuhan dan tujuan diklat. Berdasarkan hasil pengisian angket pengajar didapatkan hasil dengan tingkat kesesuaian mencapai 88%, hasil pengisian angket penyelenggara dengan tingkat kesesuaian mencapai 90%, hasil pengisian angket peserta pelatihan dengan tingkat kesesuaian mencapai 95%. Hasil Evaluasi process (proses) media pembelajaran yang digunakan sudah menunjang terselenggaranya diklat PSBR Padang Panjang. Metode mengajar yang diterapkan sesuai dengan yang direncanakan. Berdasarkan hasil pengisian angket pengajar didapatkan hasil dengan tingkat kesesuaian mencapai 86%, hasil pengisian angket penyelenggara dengan tingkat kesesuaian mencapai 87%. hasil pengisian angket peserta pelatihan dengan tingkat kesesuaian mencapai 95,6%. (4) Hasil Evaluasi product (hasil) Peserta pelatihan juga telah memiliki keterampilan yang baik dan mampu mengembangkan kreatifitas yang dimiliki oleh peserta. Berdasarkan hasil pengisian angket pengajar didapatkan tingkat kesesuaian mencapai 81 %, hasil pengisian angket penyelenggara dengan tingkat kesesuaian mencapai 84%. hasil pengisian angket peserta pelatihan dengan tingkat kesesuaian mencapai 94%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:12
Last Modified: 27 Jul 2022 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38939

Actions (login required)

View Item View Item