Evaluasi Program Pembelajaran Produktif Bidang Ketenagalistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan

Efronia, Yulia (2022) Evaluasi Program Pembelajaran Produktif Bidang Ketenagalistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YULIA_EFRONIA_20138059_1485_2022.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menangah Kejuruan (SMK) salah satu lembaga pendidikan yang memiliki tujuan untuk menyiapakan peserta didik menjadi tenaga kerja yang terampil sesuai kompetensi. Berdasarkan observasi awal pada program pembelajaran produktif di SMK N 2 Kota Sungai Penuh, adanya temuan terkait pelaksanaan program pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program pembelajaran produktif bidang ketenagalistrikan di SMK N 2 Kota Sungai Penuh. Evaluasi program pembelajaran produktif tersebut dilihat dari aspek antecedents, transaction dan outcomes yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran yang mana dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran produktif sehingga terlaksananya pembelajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dimana teknik analisis data melihat rata-rata pencapaian terhadap indikator yang ada. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar pada mata pelajaran produktif Instalasi Motor Listrik (IML). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran produktif bidang ketenagalistrikan di SMK N 2 Kota Sungai Penuh: Pada komponen antecedents' yang terdiri dari empat indikator yang terdiri dari administrasi pendidikan, RPP, Silabus dan Instrumen Penilaian yang memperoleh predikat baik dengan rata-rata sebesar 3.67. Indikator administrasi pendidikan memperoleh rata-rata 4.33, indikator RPP memperoleh rata-rata 3.33, indikator Silabus memperoleh rata-rata 4, dan indikator instrumen penilaian 3, yang artinya dari semua indikator yang ada pada aspek antecedents tersebut belum memenuhi semua kriteria yang diharapkan. Komponen transaction, yang terdiri dari tiga indikator yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup memperoleh predikat baik dengan rata-rata 3.52. Indikator kegiatan pendahuluan memperoleh rata-rata 3.83, indikator kegiatan inti memperoleh rata-rata 3.40, dan indikator kegiatan penutup memperoleh rata-rata 3.33, yang artinya pada komponen transaction belum memenuhi kriteria keberhasilan program pembelajaran yang ada. Komponen outcomes yang terdiri dari dua indikator yaitu pencapaian kompetensi dan hasil ujian peserta didik memperoleh predikat baik dengan rata-rata sebesar 3.33. Masing-masing indikator memperoleh rata-rata sebesar 3.33, yang artinya pada komponen ini belum sepenuhnya menggambarkan keberhasilan program. Program pembelajaran produktif di SMK N 2 Kota Sungai Penuh dinyatakan memiliki perencanaan untuk pelaksanaan pembelajaran, namun perlu adanya peningkatan dan perbaikan pada setiap tahapan program pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:11
Last Modified: 27 Jul 2022 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38934

Actions (login required)

View Item View Item