Pengaruh Metode Latihan dan Motor Ability terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket (Studi Eksperimen pada Siswa Ekstrakurikuler SMK Negeri 7 Pekanbaru)

Lestari, Windy Eka (2022) Pengaruh Metode Latihan dan Motor Ability terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket (Studi Eksperimen pada Siswa Ekstrakurikuler SMK Negeri 7 Pekanbaru). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Windy_Eka_Lestari_20199078_1978_2022.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan fun games, zig-zag dribble, dan motor ability terhadap keterampilan dribbling bola basket siswa ekstrakurikuler SMK Negeri 7 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan ulang faktorial 2 x 2. Latihan fun games dan zig-zag dribble adalah perlakuan yang diberikan pada siswa sebagai variabel bebas, motor ability sebagai variabel atribut, sedangkan keterampilan dribbling bola basket merupakan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bola basket berjumlah 32 siswa. Sampel sebanyak 32 orang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data keterampilan dribbling bola basket diambil dengan menggunakan tes keterampilan dribbling dan motor ability digunakan tes kemampuan motorik. Data keterampilan bola basket yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial ANOVA 2 x 2, dengan dua jalur (two way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Keterampilan dribbling bola basket pada latihanfun games, lebih tinggi dari pada latihan zig-zag dribble setelah diberikan kedua bentuk metode latihan p = 0,000 < a = 0,05; (2) Keterampilan bola basket pada motor ability tinggi, tidak memiliki perbedaan dengan motor ability rendah p = 0,825 > a = 0,05; (3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode latihan dan kemampuan motorik, terhadap keterampilan dribbling bola basket p = 0,001 < a = 0,05; (4) Keterampilan dribbling bola basket siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi, lebih tinggi pada latihan fun games dari pada latihan zig-zag dribble p = 0,000 < a = 0,05; (5) Keterampilan dribbling bola basket siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah, tidak memiliki perbedaan dengan latihan fun games dan latihan zig- zag dribble p = 0,494 > a = 0,05 dan 0,01, (6) Keterampilan dribbling bola basket siswa pada latihan fun games memiliki perbedaan dengan kemampuan motorik tinggi dan rendah p = 0,34< a = 0,05, (7) Keterampilan dribbling bola basket siswa pada latihan zig-zag dribble, memiliki perbedaan dengan kemampuan motorik tinggi dan rendah p = 0,043 <a= 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:11
Last Modified: 27 Jul 2022 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38931

Actions (login required)

View Item View Item