Pengembangan E-Modul Fisiologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Fotosintesis dan Metabolisme Nitrogen Menggunakan Software Appypie untuk Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang

Ruganda, Sestry Ayu (2022) Pengembangan E-Modul Fisiologi Tumbuhan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Fotosintesis dan Metabolisme Nitrogen Menggunakan Software Appypie untuk Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SESTRY_AYU_RUGANDA_19177044_1125_2022.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Strategi dan implementasi pembelajaran sangat di pengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka teknologi yang berkembang saat ini hams di implementasikan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu pengimplementasian teknologi yakni berupa e-modul. Berdasarkan hasil wawancara diketahui belum efektifnya proses pembelajaran secara daring dalam perkuliahan Fisiologi Tumbuhan. Beberapa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi. Bahan ajar berupa e-modul masih bersifat umum dan belum menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Oleh sebab itu, dilakukan pengembangan e-modul Fisiologi Tumbuhan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul Fisiologi Tumbuhan berbasis CTL pada materi fotosintesis dan metabolisme nitrogen dengan menggunakan software appypie yang valid, praktis dan efektif Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahap pengembangan model ini diawali dengan preliminary research phase, development or prototyping phase dan assessment phase. Instrumen pada penelitian ini yaitu berupa lembar penilaian validitas, lembar penilaian praktikalitas, lembar penilaian kompetensi keterampilan dan sikap serta soal pilihan ganda untuk menilai kompetensi pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat valid dengan nilai 92.21% berdasarkan validasi yang dilakukan validator. Hasil penilaian praktikalitas oleh dosen menunjukkan nilai 95% dengan kriteria sangat praktis dan penilaian praktikalitas mahasiswa memperoleh nilai 82.17% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya pengaruh pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa sehingga e-modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan software appypie sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:08
Last Modified: 27 Jul 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38919

Actions (login required)

View Item View Item