Pengembangan E-modul Fisika Menggunakan Model Research Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik SMA Kelas X di Era Revolusi 4.0.

Apriani, Mu’tia Faizah (2022) Pengembangan E-modul Fisika Menggunakan Model Research Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik SMA Kelas X di Era Revolusi 4.0. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUTIA_FAIZAH_APRIANI_19175007_616_2022.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Kompetensi peserta didik serta keaktivan dan kemandiriannya dalam proses pembelajaran Fisika masih belum optimal meskipun sudah menggunakan e-modul. Salah satu faktor penyebabnya yaitu e-modul yang digunakan belum memuat sintak model pembelajaran yang melatih kemandirian dan keaktivan peserta didik, yang menyebabkan kompetensi peserta didik yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul menggunakan model RBL untuk meningkatkan kompetensi peserta didik SMA kelas X yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp dengan tiga fase yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, tes tertulis, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, dan praktikalitas serta efektivitas menggunakan deskriptif persentase. Hasil preliminary research menunjukkan perlunya pengembangan e-modul. Hasil development menunjukkan tingkat kevalidan e-modul sebesar 0,90 (tinggi); serta kepraktisannya menurut peserta didik dan guru masing-masing 95,87% dan 80,64%. Hasil assessment phase memperlihatkan kompetensi pengetahuan menurut ketuntasan klasikal adalah 97% dan nilai gain 0,81 yang berarti peningkatan pengetahuan peserta didik terkategori tinggi, pencapaian kompetensi sikap dan keterampilan adalah sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan model Research Based Learning memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, MODEL RESEARCH BASED LEARNING, PESERTA DIDIK, ERA REVOLUSI 4.0
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:07
Last Modified: 27 Jul 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38916

Actions (login required)

View Item View Item