Perkembangan PT Lembah Karet dan Dampak terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Tenaga Kerja di Batipuh Panjang Bypass Padang. Tahun 2001-2020

Maharani, Mutiara Indah (2021) Perkembangan PT Lembah Karet dan Dampak terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Tenaga Kerja di Batipuh Panjang Bypass Padang. Tahun 2001-2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUTIARA_INDAH_MAHARANI_16046127__580_2021.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Perkembangan PT Lembah Karet dan Dampak Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Tenaga Kerja di Batipuh Panjang Bypass Padang Tahun 2001-2020. PT Lembah Karet pertama kali didirikan pada tanggal 14 Februari 1950 di Payakumbuh, PT Lembah Karet sebelumnya bernama “NV Verening Handel Nivaschoopry And Rubber Fabrikan LamKiaw”. Pada tanggal 4 November 1966 terjadinya perubahan nama perusahaan menjadi “PT Lembah karet”. Produksi karet di Payakumbuh ini masih mengelolah getah dengan jenis produksi tipe blangket basah (blanked crape), produksinya berupa lembaran-lembaran karet yang dikemas, Tujuan produksi pada saat itu masih sekitar Indonesia yang kemudian berkembang hingga terjadinya proses ekspor sampai ke negara-negara Asia. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perkembagan industri PT Lembah Karet dan DampakTerhadapKehidupanSosialEkonomiTenaga Kerja di Batipuh Panjang Bypass Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang dibagi dalam empat tahap yaitu heurustik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Heuristik yaitu : pengumpulan data penelitian baik itu secara tertulis maupun secara lisan. Sumber tertulis yang didapatkan dari arsip PT Lembah Karet dan dokumen lainnya yang memuat tentang industri PT Lembah Karet. Sumber lisan diperoleh melalui wawancara dengan pimpinan PT Lembah Karet, dan pekerja pabrik PT Lembah Karet. Kritik Sumber, yang terdiri dari kritik eksternal dan internal yang dilakukan untuk menguji keaslian dan kebenaran sumber. Interpretasi yaitu menganalisis dan menghubungkan fakta-fakta yang telah ditemukan melalui kritik sumber. Historiografi atau penulisan hasil olahan data menjadi tulisan sejarah atau skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri PT Lembah Karet mengalami perkembangan dalam segi pemasaran ekport ke negara tujuan kawasan benua Asia dan Afrika pada tahun 2009 berkembang pada kurun waktu 2015-2020 hingga negara tujuan ke kawasan Amerika hingga ke negara Jepang. PT Lembah Karet pahun 2017 mengalami produksi terbanyak yaitu dengan jumlah 35.221.310 kg , tetapi pada tahun 2018 mengalami penurunan jumlah produksi yang cukup besar dengan jumlah 24.729.879 kg . Terjadinya posisi naik turun produksi tergantung dengan jumlah permintaan dari konsumen serta harga jual karet, hal tersebut sangat mempengaruhi dengan jumlah produksi yang ada di PT Lembah Karet. Selain itu, keberadaan PT Lembah Karet memiliki dampak terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat yang dapat dilihat dari segi pendidikan, aktivitas pekerja, sarana kesehatan. Namun dilihat dari segi pembangunan PT Lembah Karet masih belum berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di batipuh panjang bypass Padang, tetapi keberadaan PT Lembah Karet membawa pemerintah ikut serta dalam pembangunan transportasi jalan untuk mempelancar proses pemasaran karet remah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SOSIAL-EKONOMI, PT LEMBAH KARET
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:07
Last Modified: 27 Jul 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38912

Actions (login required)

View Item View Item