Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA/MA.

Sintia, Sintia (2022) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SINTIA_17033158_1083_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa dan bahan ajar yang ada belum memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan modul pembelajaran Fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas dari modul pembelajaran Fisika pada materi Hukum Newton kelas X SMA. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research And Development (R&D). Objek dari penelitian adalah Modul Fisika yang di ujicobakan kepada siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas dan lembar uji efektivitas berupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, analisis efektivitas produk. Berdasarkan analisis data yang digunakan, maka diperoleh tiga hasil penelitian yaitu pertama, modul pembelajaran Fisika memiliki validitas sebesar 79,2 dengan kategori valid. Kedua, nilai praktikalitas oleh guru dan siswa, rata-rata nilai praktikalitas guru pada modul sebesar 86 dengan kategori sangat praktis dan rata-rata praktikalitas siswa pada modul sebesar 91 dengan kategori sangat praktis. Ketiga, pada uji efektivitas diperoleh nilai thitung sebesar -25,89 sedangkan nilai ttabel sebesar -1,761 dimana nilai thitung lebih kecil daripada ttabel dan hipotesis diterima sehingga modul efektif digunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Fisika pada materi Hukum Newton yang mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BERPIKIR KREATIF, HUKUM NEWTON, PEMBELAJARAN FISIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:09
Last Modified: 27 Jul 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38909

Actions (login required)

View Item View Item