Problematika Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman

Guswanti, Mulia (2021) Problematika Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MULIA_GUSWANTI_17329183_6031_2021.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: pertama, problematika yang dihadapi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kedua, upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga, hasil yang dicapai dalam upaya mengatasi permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu digunakan beberapa teknik untuk menguji keabsahan data diantaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, problematika dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman meliputi: peserta didik yang kurang motivasi dalam belajar, keterbatasan sarana dan prasarana, pendidik yang rendah pemahaman teknologinya, kurang efektifnya pembelajaran daring. Kedua,adapun upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran daring tersebut adalah memberikan motivasi, menyediakan sarana dan prasarana, melakukan bimbingan teknis dan berusaha menciptakan pembelajaran daring yang efektif. Ketiga, hasil yang dicapai setelah dilakukan upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran daring yaitu sarana prasaran peserta didik menjadi memadai, motivasi belajar yang meningkat dan menciptakan pendidik yang terbiasa dengan teknologi, keefektifan belajar yang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:09
Last Modified: 27 Jul 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38908

Actions (login required)

View Item View Item