Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis TIK terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA.

Fitri, Nadilla Rahmi (2022) Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis TIK terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NADILLA_RAHMI_FITRI_17033141_663_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Di abad 21 teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat. Perubahan sistem pembelajaran menjadi berpusat kepada peserta didik. Salah satu prinsip kurikulum 2013 yaitu peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar. Sumber belajar dapat berupa media cetak atau elektronik. Saat belajar guru jarang menghubungkan fisika dengan kehidupan sehari-hari sedangkan saat ini sudah banyak media pembelajaran yang dapat menjelaskan pengaplikasian fisika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian mengenai media pembelajaran fisika sudah banyak dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui effect size dari pengaruh media pembelajaran fisika berbasis TIK terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu meta-analisis. Artikel yang diterbitkan tahun 2011-2021. Artikel yang digunakan terdiri dari 17 artikel nasional dan 3 artikel internasional yang sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sehingga data dapat diolah untuk menghitung besar effect size berdasarkan 4 kategori yaitu tingkatan kelas, media pembelajaran berbasis TIK, unit materi pembelajaran serta media berbasis TIK online/offline. Hasil penelitian yang didapatkan (1) media pembelajaran berbasis TIK memberikan efek yang paling tinggi pada kelas XI yaitu 1,38. (2) media pembelajaran berbasis TIK memberikan efek yang paling tinggi pada media Video yaitu 2,22. (3) unit materi pembelajaran memberikan efek paling tinggi pada unit materi mekanika yaitu 1,73. (4) media berbasis TIK online/offline memberikan efek paling tinggi pada media online yaitu 1,26. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran fisika berbasis TIK memberikan efek yang baik terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:08
Last Modified: 27 Jul 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38907

Actions (login required)

View Item View Item