Pengembangan LKPD Model Inquiry Based Learning Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Abad 21 Kelas XI SMA. Tesis.

Havid, Muhammad (2022) Pengembangan LKPD Model Inquiry Based Learning Terintegrasi Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Abad 21 Kelas XI SMA. Tesis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MUHAMMAD_HAVID_18175021_558_2021.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Belum optimalnya pencapaian kompetensi peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Fisika. Salah satu faktor penyebabnya akibat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tersedia belum memuat langkah – langkah model dan pendekatan pembelajaran yang mengarah pada kegiatan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD menggunakan model inquiry based learning yang terintegrasi kemampuan berpikir kreatif dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika abad 21 untuk kelas XI semester 1 dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp dengan tiga fase yaitu preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalis, lembar observasi, tes tertulis, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, untuk praktikalitas dan efektivitas menggunakan deskriptif presentase. Hasil preliminary research menunjukkan perlunya pengembangan LKPD. Hasil development menunjukan LKPD berada pada kriteria valid dengan nilai 0,83; berdasrkan respon peserta didik dan guru dengan nilai rata – rata masing – masing 97,31% dan 89,45%. Hasil assessment phase memperlihatkan pencapaian kompetensi pengeahuan peserta didik adalah 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan model inquiry based learning terintegrasi kemampuan berpikir kreatif dengan pendepakatan saintifik pada pembelajaran fisika abad 21 kelas XI SMA memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, BERPIKIR KREATIF, PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:08
Last Modified: 27 Jul 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38902

Actions (login required)

View Item View Item