Keanekaragaman Arthropoda Hama dan Musuh Alami Tanaman Padi (Oryza sativa L.) di Nagari Kudu Ganting Kecamatan V Koto Timur.

Jannah, Vira Fill (2022) Keanekaragaman Arthropoda Hama dan Musuh Alami Tanaman Padi (Oryza sativa L.) di Nagari Kudu Ganting Kecamatan V Koto Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_VIRA_FILL_JANNAH_17032079_932_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Peningkatan serangan hama menjadi alasan utama penurunan produksi padi. Salah satu cara pengendalian hama tanaman padi tanpa berdampak negatif terhadap lingkungan adalah pemanfaatan musuh alami. Keanekaragaman arthropoda hama dan musuh alami sangat berpengaruh terhadap kestabilan ekosistem sawah. Ekosistem sawah yang stabil memiliki jenis arthropoda hama dan musuh alami yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis arthropoda hama dan musuh alaminya pada tanaman padi dan untuk mengetahui keanekaragaman, kemerataan dan kekayaan jenis artropoda hama dan musuh alami pada tanaman padi di Nagari Kudu Ganting. Penelitian dilakukan bulan Mei sampai Juli 2021 di Nagari Kudu Ganting. Penelitian bersifat kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan di lahan padi pada tanaman padi usia 1 bulan. Luas area penelitian ± 100 m2 dengan 5 plot ukuran 1 m x 1 m. Pengambilan dilakukan 8 kali dengan interval waktu 7 hari. Pengambilan sampel dengan mengambil sampel yang menempel pada tanaman padi dan dengan menggunakan jaring ayun (sweep net). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 spesies arthropoda hama yang tergolong dalam 3 ordo, yaitu Hemiptera, Lepidoptera dan Orthoptera. 7 spesies arthropoda musuh alami yang ditemukan tergolong dalam 4 ordo, yaitu Araneae, Celeoptera, Odonata, dan Orthoptera. Indeks keanekaragaman jenis serangga hama tanaman padi di area persawahan Nagari Kudu Ganting adalah sedang (1,05), indeks kekayaan jenisnya rendah (1,28) dan indeks kemerataan jenis sedang (0,54). Indeks keanekaragaman jenis arthropoda musuh alami tanaman padi sedang (1,55), indeks kekayaan jenisnya rendah (1,42) dan indeks kemerataan jenis tinggi (0,79).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEANEKARAGAMAN, TANAMAN PADI, HAMA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:07
Last Modified: 27 Jul 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38893

Actions (login required)

View Item View Item