Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics (Stem) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP

Oktadila, Nidya (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematics (Stem) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NIDYA_OKTADILA_19205022_1574_2022.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran menjadi salah satu hal penting dalam proses pembelajaran yang berdampak pada kemampuan peserta didik, khususnya kemampuan penalaran matematis. Perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, serta dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik. Berdasarkan bal tersebut, maka perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik kemampuan penalaran matematis proses pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan Model PjBL - STEM dalam meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang memiliki karakteristik valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII SMP. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap pembuatan prototype dan tahap penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD dengan Model PjBL - STEM dalam meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis peserta didik untuk kelas VII. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dengan Model PjBL - STEM dalam meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis peserta didik sudah valid dari segi isi dan konstruk. (2) Praktis karena mudah digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan sangat efisien, menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran. (3) Dari basil tes kemampuan penalaran matematis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan Model PjBL - STEM dalam meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis peserta didik telah efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dilihat dari basil tes akhir yang dilakukan pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:06
Last Modified: 27 Jul 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38889

Actions (login required)

View Item View Item