Pengembangan LKPD Pembelajaran IPA Berbasis Siklus Belajar 7E Berwawasan Al-Quran untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP-IT Materi Gerak pada Makhluk Hidup serta Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Azmi, Nulda (2022) Pengembangan LKPD Pembelajaran IPA Berbasis Siklus Belajar 7E Berwawasan Al-Quran untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP-IT Materi Gerak pada Makhluk Hidup serta Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NULDA_AZMI_18177020_1875_2022.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah telah menggunakan model pembelajaran namun belum maksimal, dikarenakan setiap model pembelajaran memiliki sintak yang berbeda sehingga guru sulit mengingat satu per satu sintak tersebut, maka perlu adanya bantuan bahan ajar seperti LKPD. Berdasarkan data investigasi awal dengan mewawancarai Guru IPA dan pemberian angket kepada peserta didik kelas VIII SMP-IT Qurrata A'yun Batusangkar diketahui bahwa belum adanya LKPD pembelajaran IPA berbasis siklus belajar 7E berwawasan Al-Quran. Selama ini guru mengalami kesulitan menyajikan materi IPA yang berwawasan Al-Quran karena menggunakan buku cetak kurikulum 13 yakni buku guru dan buku siswa. Pembelajaran berwawasan Al-quran sangat diperlukan di SMP-IT Qurrata A'yun karena memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama dalam kurikulum. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD pembelajaran IPA berbasis siklus belajar 7E berwawasan Al-Quran untuk peserta didik kelas VIII SMPIT Qurrata A'yun Batusangkar yang valid, praktis dan efektif. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengunakan model Plomp, terdiri atas tahap investigasi awal, tahap pengembangan dan penilaian. Instrumen penelitian terdiri dari lembar angket respon guru dan peserta didik, angket evaluasi sendiri, lembar validasi angket oleh validator, lembar angket praktikalitas untuk guru dan peserta didik, penilaian efektivitas aspek pengetahuan berupa tes hasil belajar, lembar observasi untuk penilaian sikap dan pengamatan dan lembar penilaian keterampilan. Teknis analisis data untuk aspek pengetahuan dengan validitas butir item, daya beda, indeks kesukaran dan reliabilitas, serta analisis data aspek sikap dan keterampilan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD pembelajaran IPA berbasis siklus belajar 7E berwawasan Al-Quran pada penilaian validator dengan nilai 87 ,31 % kriteria sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru menunjukan nilai 90,83% dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik menunjukan nilai 87,53% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran IPA berbasis siklus belajar 7E berwawasan Al-Quran materi gerak pada makhluk hidup dan struktur dan fungsi tumbuhan yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:06
Last Modified: 27 Jul 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38888

Actions (login required)

View Item View Item