Pengembangan E-Modul Pembelajaran Dasar-Dasar Survey dan Pemetaan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Putri, Mita Dwi (2022) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Dasar-Dasar Survey dan Pemetaan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MITA_DWI_PUTRI_17138076_2399_2022.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan E-Modul Pembelajaran Dasar-Dasar Survey dan Pemetaan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Pelaksanaan pembelajaran dasar-dasar survey dan pemetaan belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif yang dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar. E-modul dapat menjadi salah satu solusi dalam melengkapi strategi pembelajaran yang tepat di era digitalisasi ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan 4-D (Four-D), yang terdiri atas empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa desain media dan materi telah valid dari segi aspek didaktik, konstruksi dan teknis serta dari segi kualitas isi, pembelajaran, dan tampilan. E-modul ini juga termasuk kategori praktis berdasarkan respon dosen dan mahasiswa dari aspek kemudahan, efektivitas waktu dan penggunaan serta dari aspek waktu, kemudahan dan daya tarik media berdasarkan respon mahasiswa. Beradasarkan penilaian hasil belajar mahasiswa, didapatkan bahwa e-modul ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul ini valid, praktis dan efektif untuk diterapkan didalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:06
Last Modified: 27 Jul 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38885

Actions (login required)

View Item View Item