Inventarisasi Laba-Laba (Arthropoda: Arachnida) di Gua Ngalau Tarang dan Gua Ngalau Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Musfira, Syukria Hayati (2022) Inventarisasi Laba-Laba (Arthropoda: Arachnida) di Gua Ngalau Tarang dan Gua Ngalau Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SYUKRIA_HAYATI_MUSFIRA_18032094_661_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Ekosistem gua dicirikan dengan lingkungan yang stabil serta tingkat cahaya yang rendah seiring kedalamannya. Ekologi dari gua tidak homogen, terbagi atas tiga zona yaitu zona mulut gua, zona remang-remang, dan zona gelap. Masingmasing zona memiliki karakteristik tersendiri sehingga hanya fauna tertentu yang mampu beradaptasi. Dari semua anggota arthropoda, laba-laba adalah salah satu yang berhasil bertahan hidup di habitat manapun termasuk gua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis laba-laba (Araneae) yang terdapat di Gua Ngalau Tarang dan Gua Ngalau Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember tahun 2021, berlokasi di Gua Ngalau Tarang dan Gua Ngalau Kamang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode tangkap langsung (Hand Collecting) pada tiga zona gua. Data yang diperoleh akan disusun ke dalam tabel yang terdiri dari famili, genus, dan spesies. Total 20 individu yang tergolong ke dalam 11 spesies, 10 genera, dan 8 famili laba-laba yang didapatkan pada penelitian ini. Diantaranya adalah Genus Cyclosa (1 spesies), Genus Nephilengys (1 spesies), Genus Pholcus (2 spesies), Genus Attulus (1 spesies), Genus Scytodes (1 spesies), Genus Heteropoda (1 spesies), Genus Leucauge (1 spesies), Genus Meotipa (1 spesies), Genus Nesticodes (1 spesies), Genus Uloborus (1 spesies).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SPESIES, EKOSISTEM GUA, LABA-LABA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:06
Last Modified: 27 Jul 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38884

Actions (login required)

View Item View Item