Persepsi Masyarakat Terhadap Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan Batu Bara di Dusun Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

Salma, Minia (2021) Persepsi Masyarakat Terhadap Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan Batu Bara di Dusun Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MINIA_SALMA_17045145_4373_2021.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahaui (1) Persepsi masyarakat tentang penambangan batu bara terhadap kerusakan lingkungan (2) Dampak kerusakan lingkungan akibat penambangan (3) Upaya yang dilakukan masyarakat dan pihak tambang dalam mengatasi dampak penambangan batu bara terhadap kerusakan lingkungan yang terjadi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Dusun Tanjung Belit,Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan masyarakat Dusun Tanjung Belit. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi masyarakat tentang penambangan batu bara terhadap kerusakan lingkungan, masyarakat Dusun tanjung belit mengaggap penambangan tersebut merugikan lingkungan, karena minimnya pengetahuan tentang penambangan membuat masyarakat terpaksa menjual tanahnya. dan dilihat dari segi pendidikannya, rata-rata yang menjual kebun dan tanah tersebut berpendidikan rendah, yaitu tamatan SD maupun tidak tamat.(2) Dampak kerusakan lingkungan yang terjadi akibat penambangan batu bara di Dusun Tanjung Belit mecakup peningkatan polusi uadara, jalan rusak, rumah yang retak akibat blasting, gangguan lalu lintas yang disebabkan hilir mudiknya kendaraan perah yang keluar masuknya area penambangan, dan pencemaran air sungai.(3) Upaya yang dilakukan masyarakat maupun pihak tambang, melakukan penyiramah jalan secara rutin untuk mengurangi debu secara berskala, memperbaiki jalan yang rusak, mendata rumah masyarakat yang retak akibat blasting dan mendapatkan kompensasi untuk diperbaiki sebagai bentuk tanggung jawab pihak tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AKIBAT TAMBANG BATU BARA, KERUSAKAN LINGKUNGAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:14
Last Modified: 26 Jul 2022 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38865

Actions (login required)

View Item View Item