Pengaruh Mulsa Serasah Bambu (Dendrocalamus asper Schult.) terhadap Biomassa dan Potensinya dalam Pengendalian Gulma Bandotan (Ageratum conyzoides L.) pada Perkebunan Singkong di Desa Cubadak Mentawai Kota Pariaman.

Ayuni, Maya (2022) Pengaruh Mulsa Serasah Bambu (Dendrocalamus asper Schult.) terhadap Biomassa dan Potensinya dalam Pengendalian Gulma Bandotan (Ageratum conyzoides L.) pada Perkebunan Singkong di Desa Cubadak Mentawai Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MAYA_AYUNI_18032127_2391_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Ageratum conyzoides L. merupakan salah satu gulma yang paling dominan ditemukan di perkebunan singkong yang dapat mengganggu serta menurunkan kualitas dan kuantitas tanaman budidaya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya pengendalian gulma A. conyzoides secara biologi. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian tentang pengaruh mulsa serasah bambu (Dendrocalamus asper Schult.) terhadap biomassa dan potensinya dalam pengendalian gulma bandotan A. conyzoides pada perkebunan singkong di Desa Cubadak Mentawai Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan mulsa serasah bambu D. asper terhadap biomassa dan potensinya dalam pengendalian gulma bandotan A. conyzoides pada perkebunan singkong di Desa Cubadak Mentawai Kota Pariaman. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2021 di salah satu perkebunan singkong milik masyarakat Desa Cubadak Mentawai Kota Pariaman dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Pengukuran biomassa dilakukan terhadap gulma yang terdapat pada unit contoh ukuran 1x1 m, dimana 20 unit contoh diberi serasah dan 20 unit tidak diberi serasah. Data dianalisis menggunakan uji t pada taraf 5%. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya pengaruh serasah bambu D. asper terhadap biomassa gulma A. conyzoides, dimana biomassa gulma A. conyzoides yang diberi serasah bambu lebih rendah (3,52 gr/m) dibandingkan dengan yang tidak diberi serasah bambu (7,39 gr/m). Serasah bambu berpotensi dalam mengendalikan gulma A. conyzoides, hal ini berdasarkan senyawa yang terkandung pada serasah bambu D. asper memperlihatkan potensi yang baik dalam mengendalikan gulma A conyzoides.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BIOMASSA, GULMA, PERKEBUNAN
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:14
Last Modified: 26 Jul 2022 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38864

Actions (login required)

View Item View Item