Pengembangan Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak­-kanak Kemala Bhayangkari 13 Batusangkar

Mardhotillah, Huda (2022) Pengembangan Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Taman Kanak­-kanak Kemala Bhayangkari 13 Batusangkar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Huda_Mardhotillah_19330011_2459_2022.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang ideal yaitu pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tercapai tujuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang menarik. pembelajaran membaca yang sering digunakan di lembaga atau di sekolah yaitu hanya menggunakan buku panduan calistung (membaca, menulis, dan berhitung) yang membuat pembelajaran masih monoton sehingga minat anak untuk pandai pada kemampuan membaca menjadi kurang karena guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang menarik minat dan antusias anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan selain mengawasi penggunaannya yaitu menciptakan permainan menarik yang meningkatkan kemampuan membaca anak yaitu dengan mengembangkan Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemention, dan Evaluation). Hasil validitas Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dinyatakan valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai rata­rata Aiken's V oleh ahli materi yaitu 0,93 dan hasil nilai rata­rata Aiken's V oleh ahli media yaitu 0,95. Hasil praktikalitas Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata­rata persentase praktikalitas yaitu 92%. Hasil presentase efektivitas yaitu 92% Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dinyatakan sangat efektif sebagai media pembelajaran. Dapat disimpulkan media Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:42
Last Modified: 25 Jul 2022 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38843

Actions (login required)

View Item View Item