Pengembangan Program Literasi di Lembaga PAUD untuk Mengoptimalkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Dewi, lratna (2022) Pengembangan Program Literasi di Lembaga PAUD untuk Mengoptimalkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IRATNA_DEWI_17330025_2038_2022.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tidak adanya buku panduan literasi untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia dini sehingga guru tidak bisa mengembangkan pembelajaran literasi menggunakan metode dan media yang cocok pada kegiatan literasi.Tujuan dari pengembangan ini yaitu menghasilkan buku panduan program literasi di PAUD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di TK Islam Al Azhar Bukittinggi dengan subjek penelitian kelompok B. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi program literasi di lembaga PAUD. Data kepraktisan dikumpulkan melalui data respon guru dan kepala sekolah mengenai program literasi. Keefektifan dapat dilihat dari aktivitas anak dan hasil belajar saat implementasi program literasi. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil uji validitas buku panduan program literasi oleh para ahli diperoleh rata-rata keseluruhan presentase adalah 81,3% berada pada kategori sangat valid, hasil uji praktikalitas respon kepala sekolah dan guru diperoleh rata-rata presentase 88% pada kategori sangat praktis, dan hasil uji efektifitas menggunakan instrumen yang diamati oleh guru yaitu 89,3% pada kategori sangat efektif. Dari penilaian hasil buku panduan diketahui dapat mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia dini. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa buku panduan program literasi di lembaga PAUD valid, praktis dan efektif. Program literasi yang dikembangkan efektif mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:58
Last Modified: 22 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38842

Actions (login required)

View Item View Item