Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi dan Konsentrasi terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan IPA MAN 4 Pasaman Barat

Fajrio, Fajrio (2022) Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi dan Konsentrasi terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan IPA MAN 4 Pasaman Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FAJRIO_20199024_2114_2022.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis, terlihatlah suatu masalah yang terjadi yaitu masih rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Guru dan siswa sudah melaksanakan pembelajaran dengan cukup baik namun hasil belajamya masih kurang memuaskan, sehingga guru sering mengangkat nilai siswa demi mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh langsung dan tidak langsung antara kebugaran jasmani, status gizi dan konsentrasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis dari penelitian ini adalah kuantitantif dengan menggunakan pendekatan Path Analysis. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dengan jumlah 60 orang dengan sampel yaitu sebanyak 30 orang yang diambil secara acak yang dikenal dengan metode Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk variabel bebas yaitu tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa, tes indeks masa tubuh untuk mengukur status gizi siswa dan tes kotak konsentrasi untuk mengukur tingkat konsentrasi siswa. Sedangkan untuk variabel terikat yang berupa hasil belajar siswa, instrumennya diambil dari nilai rapor siswa jurusan IPA semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung kebugaran jasmani terhadap hasil belajar siswa (py1 = 0,468 atau nilai Sig.= 0,003 < a = 0,05 dengan pengaruh sebesar 21,9% ). (2) Terdapat pengaruh langsung status gizi terhadap hasil belajar siswa (py2 = -0,229 atau nilai Sig.= 0,049 < a = 0,05 dengan pengaruh sebesar 5,24%). (3) Terdapat pengaruh langsung konsentrasi terhadap hasil belajar siswa (py3 = 0,453 atau nilai Sig.= 0,003 < a = 0,05 dengan pengaruh sebesar 20,5%). (4) Terdapat pengaruh tidak langsung kebugaran jasmani terhadap hasil belajar siswa melalui konsentrasi (p31.py3 = 0,637 > Pvi" 0,468 atau total pengaruh sebesar 57%). (5) Terdapat pengaruh tidak langsung status gizi terhadap hasil belajar melalui konsentrasi (p32.py3 = -0,068 > py2= -0,229 atau total pengaruh sebesar 6,7%). (6) Terdapat pengaruh kebugaran jasmani, status gizi dan konsentrasi secara simultan terhadap hasil belajar siswa (Rsquare = 0,693 atau pengaruh sebesar 69,3%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:57
Last Modified: 22 Jul 2022 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38838

Actions (login required)

View Item View Item