Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android tentang Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X Di SMAN 13 Padang.

Firmansyah, Iqbal (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android tentang Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X Di SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IQDAL_FIRMANSYAH_17031093_708_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Materi virus merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik di SMAN 13 Padang karena materi dianggap abstrak dan tidak bisa diamati secara langsung, sehingga membutuhkan media yang dapat memperjelas materi virus. Keterbatasan media pembelajaran di SMAN 13 Padang belum mendukung pembelajaran pada materi tersebut. Solusi yang peneliti berikan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis aplikasi android tentang materi virus untuk peseta didik kelas X di SMAN 13 Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan 3 tahapan dari model pengembangan 4D (Four-D models) yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian terdiri dari validator yang berjumlah 3 orang (terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi SMAN 13 Padang) dan 32 orang peserta didik kelas X MIPA di SMAN 13 Padang dan objek dari penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis aplikasi android Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis ke dalam bentuk data kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa Multimedia Interaktif berbasis aplikasi android tentang materi virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 13 Padang. Hasil validasi yang diperoleh nilai rata-rata 93,12% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan guru diperoleh nilai rata-rata 94,09% dan dengan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 88,84% keduanya dengan kriteria sangat praktis. Maka media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android tentang materi virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 13 Padang yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, MULTIMEDIA INTERAKTIF, VIRUS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:57
Last Modified: 22 Jul 2022 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38836

Actions (login required)

View Item View Item