Efektivitas Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas (LPG) Untuk Kapal Perikanan Nelayan Kecil Dalam Rangka Pemberdayaan Nelayan di Kelurahan Pasia Nan Tigo

Mairista, Mairista (2021) Efektivitas Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas (LPG) Untuk Kapal Perikanan Nelayan Kecil Dalam Rangka Pemberdayaan Nelayan di Kelurahan Pasia Nan Tigo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MAIRISTA_16042016_1272_2021.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat nelayan yang kesulitan dalam mendapatkan bahan bakar Liquefied Petroleum Gas(LPG) untuk kapal mereka serta tingginya beban biaya bahan bakar untuk kapal perikanan nelayan kecil. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Mengapa pendistribusian LPG untuk kapal perikanan nelayan kecil dalam rangka pemberdayaan nelayan di kelurahan Pasia Nan Tigo belum efektif? (2)Apa faktor penghambat pendistribusian LPG untuk kapal perikanan nelayan kecildalam rangka pemberdayaan nelayan kelurahan Pasia Nan Tigo? (3)Apa solusi untuk mengatasi hambatan dalam pendistribusian LPG untuk kapal perikanan nelayan kecil dalam rangka pemberdayaan nelayan di kelurahan Pasia Nan Tigo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya pendistribusian LPG untuk kapal perikanan nelayan kecil dalam rangka pemberdayaan nelayan di kelurahan Pasia Nan Tigo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, lokasi dilakukannya penelitian ini adalah di kelurahan Pasia Nan Tigo kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Teknik pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendistribusian LPG sebagai bahan bakar kapal nelayan tidak berjalan dengan efektif karena LPG yang didistribusikan untuk bahan bakar kapal digunakan oleh sebahagian besar nelayan untuk keperluan rumah tangga dan dalam pengadaan terdapat beberapa permasalahan seperti macetnya kedatangan LPG khusus untuk nelayan, dan juga tidak tepat sasarannya pendistribusian LPG ini karena LPG yang disediakan setiap minggunya untuk bahan bakar kapal nelayan diperdagangkan untuk umum. Faktor penghambat pendistribusian LPG untuk bahan bakar kapal bagi nelayan dalam rangka pemberdayaan nelayan kecil di Kelurahan Pasia Nan Tigo diantaranya: a) Adanya ketakutan dari nelayan untuk menggunakan LPG sebagai bahan bakar kapal karena sifat LPG yang mudah meledak. b) Ketidaksiapan masyarakat nelayan di kelurahan Pasia Nan Tigo untuk beralih menggunakan LPG sebagai bahan bakar kapal yang sebelumnya menggunakan minyak. c) Kurangnya pengawasan dalam pendistribusian LPG untuk bahan bakar kapal nelayan. d) Sulitnya nelayan untuk mendapatkan LPG sebagi bahan bakar kapal yang mengakibatkan nelayan tidak lagi menggunakan LPG sebgai bahan bakar kapal mereka. e) Tidak mencukupinya LPG yang di sediakan untuk bahan bakar bagi kapal nelayan kecil. f) Tidak adanya pengawasaan yang dilakukan dalam pendistribusian LPG untuk bahan bakar kapal bagi nelayan dalam rangka pemberdayaan nelayan kecil di kelurahan Pasia Nan Tigo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISTRIBUSI LPG, PEMBERDAYAAN NELAYAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:42
Last Modified: 25 Jul 2022 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38835

Actions (login required)

View Item View Item