Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Pebelajaran PAI Berbasis Daring di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam.

Rahmi, Lucyana (2021) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Pebelajaran PAI Berbasis Daring di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_LUCYANA_RAHMI_17329129_5922_2021.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini berangkat dari masalah rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran PAI berbasis daring, hal ini diduga karena kurang optimalnya penggunaan media audio visual pada pembelajaran PAI berbasis daring. Merujuk dari latar belakang masalah tersebut maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada pebelajaran PAI berbasis daring di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada pebelajaran PAI berbasis daring di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang dilakukan dengan melakukan manipulasi yang bertujuan untuk mengetahui akibat manipulasi terhadap individu atau kelompok yang diamati. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Group Preujit – Postujit Design yaitu dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 32 siswa. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan sebelum menggunakan media audio visual, rata-rata klasikal kelas sebesar 68.16, sedangkan rata-rata klasikal kelas setelah menggunakan media audio visual sebesar 90.53, hal ini menunjukkan bahwa media audio visual mampu memberikan perubahan yang lebih baik 27.1% dibandingkan sebelum menggunakan media audio visual. Sementara dari analisis besar nilai signifikansi probability 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa pada pebelajaran PAI berbasis daring di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan media audio visual yang diterapkan penulis dikatakan berhasil. Maka dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran PAI berbasis daring bagi guru khususnya guru PAI, karena dengan penggunaan media audio visual ini dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI berbasis daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA AUDIO VISUAL, MINAT BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:58
Last Modified: 21 Jul 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38830

Actions (login required)

View Item View Item