Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quipper School pada Materi Mata Diklat Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XI di SMK Negeri 1 Kinali

Syafrinata, Dian (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quipper School pada Materi Mata Diklat Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Kelas XI di SMK Negeri 1 Kinali. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Dian_Syafrinata_1938007_704_2022.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor menggunakan metode pembelajaran yang sulit dipahami dan dimengerti peserta didik. Sehingga perlu sebuah Media yang menjelaskan secara kongkrit dan konsep untuk materi mata diklat pemeliharaan mesin sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif pada materi mata diklat pemeliharaan mesin sepeda motor pada kelas XI TBSM. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4D. Prosedur pengembangan 4D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik analisis data yang digunakan dengan mendekripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran menggunakan aplikasi Quipper School. Berdasarkan hasil temuan peniliti ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangakan dinyatakan valid pada aspek media 88%, aspek materi dengan hasil 86%. Media yang dikembangkan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon guru dengan hasil 92% dan respon siswa 89,96%, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang diperoleh dari perhitungan ketuntasan klasikal yang diperoleh dengan diatas KKM ~ 75 dengan hasil 93%. Kesimpulannya adalah media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan dapat digunakan dan layak pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:07
Last Modified: 21 Jul 2022 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38820

Actions (login required)

View Item View Item