Pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Koordinas Mata Tangan dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Servis Atas pada Atlet Bolavoli Putri Pelajar Riau

Marlina, Dewi (2022) Pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Koordinas Mata Tangan dan Konsentrasi Terhadap Kemampuan Servis Atas pada Atlet Bolavoli Putri Pelajar Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DEWI_MARLINA_20199021_1965_2022.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah belum maksimalnya kemampuan Servis Atas yang dilakukan Servis atas Pada Atlet Bolavoli Putri Pelajar Riau. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti fisik, teknik, taktik dan mental. Faktor fisik dan psikologis menjadi salah satu kunci untuk mencapai teknik yang baik. Adapun faktor fisik dan psikologis tersebut adalah Daya Ledak Otot Lengan, koordinasi mata tangan dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Ledak Otot Lengan, Koordinasi Mata Tangan dan Konsentrasi, terhadap Kemampuan Servis Atas Pada Atlet Bolavoli Putri Pelajar Riau. Jenis penelitian yaitu kuantitatif mengunakan disains penelitian korelasi dengan metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 atlet putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap keempat variabel. Untuk Daya Ledak Otot Lengan di tes dengan single hand push test. Koordinasi mata tangan dengan tes lempar tangkap bola tenis,Konsentrasi dengan grid concentration test. Sedangkan kemampuan Servis atas diukur dengan tes Servis Atas. Data dianalisis dengan analisis jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung antara daya ledak otot lengan terhadap kemampuan servis atas sebesar 11,9%, (2) Terdapat pengaruh langsung antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis atas sebesar 16,6%, (3) Terdapat pengaruh langsung antara konsentrasi terhadap kemampuan servis atas sebesar 17 ,6%, (4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara daya ledak otot lengan terhadap kemampuan servis atas melalui konsentrasi, (5) Terdapat pengaruh tidak langsung antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis atas melalui konsentrasi sebesar (22,2%). Artinya varian Servis Atas tidak dapat dijelaskan oleh variabel Koordinasi Mata Tangan melalui Konsentrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:06
Last Modified: 21 Jul 2022 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38817

Actions (login required)

View Item View Item