Efektivitas Aplikasi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Huruf Vokal pada Anak Disleksia

Yolanda, Sonia Triandani (2022) Efektivitas Aplikasi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Huruf Vokal pada Anak Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Sonia_Triandani_Yolanda_18003036_1350_2022.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sebuah efektivitas aplikasi marbel dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada anak disleksia. Penilitian ini dilatarbelakangi pada saat melakukan observasi di sebuah sekolah dasar peneliti menemukan seorang anak perempuan berinisial A di kelas III SD yang mengalami kesulitan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keekfektivan aplikasi marbel dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal bagi anak disleksia. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) dengan desain yang digunakan yaitu A-B-A. Desain A-B-A merupakan desain SSR yang memperlihatkan sebuah hubungan sebab akibat antara variabel terikat dengan variabel bebas. Hasil yang didapatkan dari kemampuan anak disetiap kondisi yaitu memperoleh skor 0% pada kondisi (Al). Saat diberikan intervensi skor yang didapat anak pada membaca permulaan dalam hal melafalkan huruf vokal meningkat menjadi 40% dan pada kondisi (A2) diperoleh skor 93%. Dari perbandingan hasil yang didapat dari setiap data mengalami peningkatan. Sehinga dapat dinyatakan bahwa aplikasi marbel berbasis android efektif dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf vokal pada anak disleksia di SDN 157/III Pendung Mudik Kabupaten Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:32
Last Modified: 20 Jul 2022 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38813

Actions (login required)

View Item View Item