Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 V Koto Kampung dalam Pemahaman Konsep Matematis Merupakan Salah Satu Tujuan Pembelajaran Matematika yang Terdapat dalam Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014.

Murni, Yusticha Oktavia (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 V Koto Kampung dalam Pemahaman Konsep Matematis Merupakan Salah Satu Tujuan Pembelajaran Matematika yang Terdapat dalam Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YUSTICHA_OKTAVIA_MURNI_17029127_61_2022.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, melalui pemahaman konsep peserta didik dituntut untuk mengerti akan definisi, dapat menjelaskan keterkaitan antar konsep dan dapat mengaplikasikan konsep secara akurat, tepat dan efisien dalam pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI MIPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam, terlihat bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran yang tidak melibatkan secara aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write(TTW) dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pembelajaran dilakukan secara daring sebagai dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan media whatsapp dan google meet. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam dengan dua kelas yang dijadikan sampel melalui teknik pengambilan sampel secara acak sederhana yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematis yang diberikan di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tes pada uji hipotesis dengan taraf nyata α=0,05, diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MATEMATIKA, PESERTA DIDIK, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:31
Last Modified: 20 Jul 2022 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38810

Actions (login required)

View Item View Item