Pengaruh Reputasi Underwriter, Rencana Penggunaan Dana IPO, Kepemilikan Institusional dan Sharia Compliant Status Terhadap Initial Public Offering (IPO) Oversubscriptions

Veronika, Sonia (2022) Pengaruh Reputasi Underwriter, Rencana Penggunaan Dana IPO, Kepemilikan Institusional dan Sharia Compliant Status Terhadap Initial Public Offering (IPO) Oversubscriptions. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SONIA_VERONIKA_19059243_1243_2022.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan dana perusahaan menjadi salah satu masalah yang paling krusial dan sering dialami oleh berbagai perusahaan. Keterbatasan dana perusahaan dapat diperoleh melalui pasar modal dengan melakukan Initial Public Offering (IPO). Pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) dapat mengakibatkan oversubscriptions, hal ini dikarenakan jumlah permintaan yang lebih banyak dibandingkan dengan saham yang ditawarkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh reputasi underwriter, rencana penggunaan dana IPO, kepemilikan institusional dan sharia compliant status terhadap Initial Public Offering (IPO) oversubscriptions. Jenis penelitian menggunakan penelitian kausatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diggunakan adalah perusahaan yang melakukan IPO dari tahun 2018 hingga tahun 2020. Sampel yang digunakan sebanyak 68 sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap IPO oversubscriptions. Rencana penggunaan dana dengan fokus investasi berpengaruh positif signifikan terhadap IPO oversubscriptions. Kepemilikan institusional memiliki pengaruh positif terhadap IPO oversubscriptions. Sharia compliant status tidak berpengaruh terhadap IPO oversubscriptions. Disimpulkan dengan penelitian rencana penggunaan dana IPO memiliki pengaruh yang paling besar jika dibandingkan dengan variable reputasi underwriter, kepemilikan institusional dan sharia compliant terhadap Initial Public Offering (IPO) oversubscriptions.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:31
Last Modified: 20 Jul 2022 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38809

Actions (login required)

View Item View Item