Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 1 Padang.

Sari, Tria Maya (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TRIA_MAYA_SARI_17029121_753_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai di sekolah adalah kemampuan komunikasi matematis. Namun, berdasarkan hasil observasi di SMA PGRI 1 Padang kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Proses pembelajaran matematika di SMA PGRI 1 Padang masih bersifat pasif. Peserta didik tidak berani dalam menyampaikan ide atau pendapatnya secara lisan maupun tulisan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran Think Talk Write. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas XI SMA PGRI 1 Padang yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Padang I tahun pelajaran 2021/2022. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 kelas eksperimen dan X IPA 4 kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes kemampuan komunikasi matematis yang berupa soal essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes kemampuan komunikasi matematis yaitu diperoleh nilai P-value adalah 0,001. Ini berarti P-value taraf nyata ( yang ditetapkan yaitu maka tolak Sehingga dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA PGRI 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, KOMUNIKASI MATEMATIS, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:31
Last Modified: 20 Jul 2022 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38807

Actions (login required)

View Item View Item