Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Anai.

Ramadani, Rika (2022) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIKA_RAMADANI_17029056_47_2022.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika yang baik merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik. Namun kenyataan pada pembelajaran matematikahasil belajar matematika di SMA Negeri 1 Batang Anai masih tergolong rendah. Solusi yang diterapkan adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model PBL lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensionaldi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment danrancangan penelitian static group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batang Anai tahun pelajaran 2020/2021. teknik penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data tes akhir berupa tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh P-value = 0,00 pada taraf nyata α = 0,05 yang menyatakan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batang Anai tahun pelajaran 2020/2021. Oleh karena itu, dapat disimpulkan adanya pengaruh yang sangat berarti pada penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROBLAM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:31
Last Modified: 20 Jul 2022 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38805

Actions (login required)

View Item View Item