Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VII.

Suradi, Rahmat Ridho (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAHMAT_RIDHO_SURADI_16205067_1521_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yang ditemui di beberapa sekolah masih rendah. Hal ini terjadi karena peserta didik kurang memahami masalah-masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata yang ada di sekeliling peserta didik sehingga peserta didik kurang kreatif dalam berpikir. Hal ini disebabkan media pembelajaran yang digunakan guru belum terlaksana dengan optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research And Development) dengan menggunakan rancangan penelitian Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahapan pengembangan yaitu: fase investigasi awal, fase pengembangan dan fase pembuatan prototipe serta fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep terkait permasalahan dalam pembelajaran matematika. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan media pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, kemudian dilakukan evaluasi sendiri, evaluasi satu-satu dan evaluasi kelompok kecil. Fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari angket praktikalitas guru, angket praktikalitas siswa. Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika dengan macromedia flash berbasis saintifik sudah valid dan praktis. Valid karena telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Praktis karena mudah digunakan dan dipahami, alokasi yang ditentukan sangat efisien, menarik, dan berkontribusi terhadap pembelajaran. Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PENDEKATAN SAINTIFIK, KOMUNIKASI MATEMATIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:30
Last Modified: 20 Jul 2022 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38801

Actions (login required)

View Item View Item