“Kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Hasil Under Basket Shoot Bolabasket Atlet Klub Halilintar Bukittingg

Firdaus, Firdaus (2022) “Kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Hasil Under Basket Shoot Bolabasket Atlet Klub Halilintar Bukittingg. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FIRDAUS_14087101_2121_2022.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kekalahan tim bolabasket yang disebabkan oleh tidak dimaksimalkannya peluang untuk mencetak skor karena kurangnya kemampuan shooting atlet. Hal ini dapat terlihat pada saat atlet melakukan shooting, atlet tidak memiliki kekuatan pada tembakan yang dilakukannya dan sulit mengenai sasaran dikarenakan kelelahan dan fokus yang menurun. Untuk itu perlu dilakukan suatu penelitian dengan tujuan untuk mengetahui adakah kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Hasil Under Basket Shoot Bolabasket Atlet Klub Halilintar Bukittinggi. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitia korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh atlet putra club Halilintar Kota Bukittinggi yang berjumlah 23 orang. Dan sampel dalam penelitian ini dengan menggunkan teknik purposive sampling yaitu atlet putra klub Halilintar yang berjumlah 23 orang. Dalam penelitian ini digunaan teknik pengumpulan data dengan cara tes push up untuk menentukan seberapa besar kekuatan otot lengan dan tes lempar tangkap bola tennis untuk menentukan seberapa besar koordinasi mata tangan. Pengukuran tersebut langsung terhadap sampel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kekuatan otot lengan dan kontribusi mata tangan terhadap hasil under basket shoot bolabasket. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai kontribusi kekuatan otot lengan terhadap hasil under basket shoot bolabasket adalah sebesar 18%, koordinasi mata tangan terhadap hasil under basket shoot bolabasket nilai kontribusinya sebesar 20 %, serta kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap hasil under basket shoot bolabasket nilai kontribusinya sebesar 21,1 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:29
Last Modified: 20 Jul 2022 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38792

Actions (login required)

View Item View Item