Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al-Islah Bukittinggi.

Khalistha, Nisa (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al-Islah Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NISA_KHALISTHA_15029107_242_2022.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya dari hasil belajar peserta didik terlihat bahwa komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Islam AlIslah Bukittinggi masih rendah, sehingga harus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar aktif dan membangun pengetahuannya sendiri. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari pada yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Islam AlIslah Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Islah Bukittinggi tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes komunikasi matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN KOMUNIKASI, QUANTUM TEACHING, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:28
Last Modified: 20 Jul 2022 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38782

Actions (login required)

View Item View Item