Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Learning Cycle 5E pada Persamaan Garis Lurus untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs.

Azura, Kintan Dwi Putri (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Learning Cycle 5E pada Persamaan Garis Lurus untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KINTAN_DWI_PUTRI_AZURA_15029011_1220_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle 5E pada persamaan garis lurus untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs yang valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang disusun berdasarkan lima tahapan model learning cycle 5E yaitu engagement (pembangkitan minat), exploration (eksplorasi), explanation (penjelasan), elaboration (elaborasi), dan evaluation (evaluasi). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga fase diantaranya preliminary research, development or prototyping phase, dan assesment phase. Penelitian pendahuluan merupakan tahap persiapan yang terdiri atas analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Fase pengembangan perangkat merupakan tahap perancangan prototipe berupa perangkat pembelajaran secara bertahap dengan menggunakan evaluasi formatif berupa self evaluation yang menghasilkan prototype I. Selanjutnya expert review merupakan penilaian dari pakar matematika dan bahasa Indonesia untuk melihat validitas perangkat pembelajaran yang menghasilkan prototype II. Kemudian one to one evaluation, mengujicobakan perangkat pembelajaran berupa LKPD kepada tiga orang peserta didik SMP Negeri 4 Payakumbuh yang memiliki kemampuan kognitif heterogen yang menghasilkan prototype III. RPP memiliki karakteristik yaitu identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. LKPD memiliki karakteristik cover didominasi warna biru, petunjuk penggunaan dan pengantar LKPD, halaman berisi KD, indikator, dan tujuan pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian dan analisis validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model learning cycle 5E telah memenuhi kriteria valid. Diperoleh nilai validitas RPP 87,5% dengan kategori sangat valid berdasarkan aspek komponen-komponen RPP, langkah-langkah pembelajaran, dan kebahasaan. Sedangkan untuk LKPD diperoleh nilai validitas 89,97% dengan kategori sangat valid berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan/typography. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model learning cycle 5E pada persamaan garis lurus untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs dapat dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MATEMATIKA, PESERTA DIDIK, MODEL LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:05
Last Modified: 19 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38775

Actions (login required)

View Item View Item