Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Matematika menurut Tahapan Kastolan pada Materi Nilai Mutlak.

Fajri, Ihsanul (2022) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Matematika menurut Tahapan Kastolan pada Materi Nilai Mutlak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_IHSANUL_FAJRI_17029155_1639_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal nilai mutlak berdasarkan tahapan Kastolan. Hal ini didasari karena peserta didik melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal matematika dan masih kurangnya waktu yang dimiliki pendidik dalam mengidentifikasi secara lebih dalam terkait jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah 9 orang peserta didik kelas X MIPA 1 SMAS Sumpah Pemuda. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes tertulis yang disusun dalam bentuk uraian (ujian essay) sebanyak 10 butir soal, wawancara, penyebaran angket, dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing. Dari hasil analisis kesalahan peserta didik diperoleh bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan peserta didik adalah kesalahan konseptual yaitu 56,04%, kemudian kesalahan teknik sebesar 33,62% dan kesalahan strategi sebesar 10,34%. Banyak faktor yang menyebabkan peserta didik dapat melakukan kesalahan dalam menjawab soal matematika pada materi nilai mutlak, pada umumnya disebabkan oleh faktor internal yaitu pada aspek kondisi fisik yang rendah seperti kurang konsentrasi pada saat proses pembelajaran, serta masih banyak peserta didik yang masih kurang menyukai pembelajaran matematika yang dapat mengakibatkan nilai matematika peserta didik lebih rendah daripada pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI MUTLAK, PESERTA DIDIK, MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:04
Last Modified: 19 Jul 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38774

Actions (login required)

View Item View Item