Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras.

Sari, Firilla Rahma (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FIRILLA_RAHMA_SARI_17029022_48_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada kurikulum 2013, peserta didik dituntut agar terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, berdasarkan hasil investigasi awal diperoleh bahwa LKPD yang digunakan dalam proses pembelajaran masih belum cukup optimal dalam memfasilitasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam menemukan dan mengkonstruksi konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada materi Teorema Pythagoras yang valid dan praktis dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Tahap development or prototyping phase dilaksanakan kegiatan merancang LKPD berbasis pendekatan PMRI pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. Setelah itu, dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype LKPD berbasis pendekatan PMRI yang telah dibuat yang terdiri dari evaluasi sendiri, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis pendekatan PMRI pada pokok bahasan Teorema Pythagoras dikategorikan valid dan praktis. LKPD berbasis pendekatan PMRI yang valid dari segi aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Rata-rata nilai validitas yang diperoleh sebesar 83,25% dengan kategori sangat valid. Karakteristik LKPD berbasis pendekatan PMRI yang valid adalah (1) menyajikan masalah kontekstual yang dekat dengan kehidupan peserta didik; (2) LKPD mencerminkan prinsip dan karakteristik PMRI; (3) LKPD menuntun peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. LKPD berbasis pendekatan PMRI yang praktis dari segi kemudahan dan manfaat penggunaan, efisiensi waktu, dan kemenarikan sajian. Rata-rata nilai praktikalitas yang diperoleh sebesar 89,74% dengan kategori sangat praktis. Karakteristik LKPD berbasis PMRI yang praktis adalah (1) LKPD mudah digunakan karena petunjuk yang diberikan lengkap, jelas, dan bahasa mudah dipahami; (2) waktu dalam mengerjakan LKPD efisien; (3) perintah dan pertanyaan pada LKPD jelas dan mudah dipahami; (4) tampilan dan kombinasi warna pada LKPD menarik; (5) peserta didik terbantu dalam memahami konsep dan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEOREMA PYTHAGORAS, PESERTA DIDIK, MATEMATIKA REALISTIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:03
Last Modified: 19 Jul 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38769

Actions (login required)

View Item View Item