Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Matriks Kelas XI SMA.

Ruhama, Fadlina (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Matriks Kelas XI SMA. Other thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FADLINA_RUHAMA_17029149_1324_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

LKPD merupakan salah satu bahan ajar sebagai penunjang proses pembelajaran. LKPD memuat rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai pemahaman materi yang di ajarkan. Namun, tidak semua LKPD dapat menunjang pembelajaran secara optimal. Pada LKPD yang diamati terdapat hal-hal yang perlu disempurnakan terkait materi matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi matriks kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research dan prototyping phase. Tahap preliminary research meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada tahap prototyping phase dilakukan perancangan Lembar Kerja Peserta Didik yang terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3 dan prototype 4. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation (evaluasi diri sendiri). Pada prototype 2 dilakukan expert reviews yang di evaluasi oleh pakar untuk memperoleh prototype yang valid. Pada prototype 3 dilakukan one-to-one evaluation (evaluasi satu-satu) dengan menguji cobakan LKPD kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan yang heterogen. Pada prototype 4 dilakukan tahap small group evaluation kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan heterogen, yang bertujuan untuk mengetahui praktikalitas LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada materi matriks, mempunyai tingkat validitas 88,98% dengan kriteria sangat valid (berdasarkan tiga orang pakar, yaitu dua orang ahli matematika dan satu orang ahli bahasa). LKPD juga memiliki tingkat praktikalitas dengan kategori sangat praktis adalah 85,76% oleh peserta didik dan 89,94% oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, PESERTA DIDIK, MATRIKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:02
Last Modified: 19 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38766

Actions (login required)

View Item View Item