Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dalam Memilih Geografi sebagai Program Lintas Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 8 Padang

Mulia, Teguh (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dalam Memilih Geografi sebagai Program Lintas Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Teguh_Mulia_18045126_1994_2022.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MIPA di SMAN 8 Padang (2) Untuk mengetahui pengaruh keputusan memilih lintas minat geografi terhadap hasil belajar geografi Kelas X MIPA di SMAN 8 Padang (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan keputusan memilih lintas minat geografi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi Kelas X MIPA di SMAN 8 Padang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 di SMA Negeri 8 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu offline dan online dengan menggunakan angket kertas dan Google Form, dibagikan langsung dikelas serta melalui aplikasi WhatsApp Group kelas. Teknik Sampling menggunakan total sampling dengan jumlah sampelnya sama dengan populasi, yaitu sebanyak 68 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan: terdapat ( 1) pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMAN 8 Padang dengan nilai t-hitung (3,431) > t-tabel (1,99714) dengan tingkat signifikan 0,004 < 0,05. Dan juga terdapat (2) pengaruh yang signifikan antara keputusan terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 SMAN 8 Padang dengan nilai t-hitung (2,344) > t-tabel (1,99714) dengan tingkat signifikan 0,002 < 0,05. Terdapat (3) pengaruh variable motivasi belajar dan keputusan bisa menjelaskan variable hasil belajar sebesar 72,4%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:02
Last Modified: 19 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38765

Actions (login required)

View Item View Item