Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti

Wirdawati, Wirdawati (2022) Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Wirdawati _170461312017_510_2022.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang masih menunda mengerjakan tugas atau terlambat mengumpulkan tugas dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apa faktor paling dominan yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang terdiri dari 23 item pemyataan yang meliputi faktor internal mencangkup kondisi fisik individu dan kondisi psikologis individu. Faktor ekstemal mencangkup gaya pengasuhan orang tua dan kondisi lingkungan. Populasi dalam penelitian ini siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik terdiri dari 19 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden 19 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data yang didapat, ditemukan bahwa Faktor dominan yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti secara keseluruhan temyata mendapatkan pengaruh yaitu berada pada kategori tinggi dengan tingkat capaian dengan persentase 67%. Terdapat pada Kondisi fisik individu yaitu: 1) masalah kecapekan 2) masalah mengantuk 3) sering pusing 4) tidak konsentrasi 5) kurang semangat 6) pikiran sering terganggu. Kondisi psikologis individu yaitu: 1) kurang maksimal 2) kurangnya perhatian 3) kurangnya minat 4) kurang berbakat 5) kurangnya motivasi 6) kurangnya kesiapan 1) Gaya pengasuhan orang tua yaitu: 1) Perlakuan orang tua kepada siswa 2) Kurangnya komunikasi baik dalam keluarga. dan Kondisi lingkungan yaitu: 1) Kurangnya dukungan orang lain atau orang tua kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:02
Last Modified: 19 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38761

Actions (login required)

View Item View Item