Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Topik Program Linear untuk Kelas XI SMA.

Safitri, Egi (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Topik Program Linear untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EGI_SAFITRI_17029014_257_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada topik program linear yang valid dan praktis dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap analisis pendahuluan (Preliminary research), tahap pengembangan atau pembuatan prototype (Development or prototyping phases), dan tahap penilaian (Assessment phase). Pada tahap analisis pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik sehingga diperoleh karakteristik sementara dari LKPD yang dikembangkan. Pada tahap analisis pengembangan dilakukan pembuatan prototype LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi program linear. Setelah itu, dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype LKPD yang berguna untuk meningkatkan dan memperbaiki prototype yang dikembangkan yang terdiri atas evaluasi sendiri, validasi oleh tinjauan ahli, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari LKPD. Hasil analisis data validitas LKPD berbasis Problem Based Learning telah memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 86,3% dan mempunyai tingkat praktikalitas 88,2% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada topik Program Linear untuk kelas XI SMA yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, PROBLEM BASED LEARNING, PROGRAM LINEAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:01
Last Modified: 19 Jul 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38757

Actions (login required)

View Item View Item