Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Penerapan Model Problem Based Learning Kelas XII IPA SMAN 4 Solok

Haz, Chyntia Rosyidah (2022) Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Penerapan Model Problem Based Learning Kelas XII IPA SMAN 4 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CHYNTIA_ROSYIDAH_HAZ_17029139_91_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting dan harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh orang lain dan permasalahan matematika dapat terjawab dengan jelas. Melalui komunikasi matematis akan dapat membantu peserta didik membangun makna dan ketepatan untuk ide-ide matematika yang disampaikan serta mempublikasikan gagasan matematikanya. Namun pada kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XII IPA SMAN 4 Solok masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menerapkan model Problem Based Learning di kelas XII IPA SMAN 4 Solok........ Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen dengan rancangan One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 3 SMAN 4 Solok tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal essay yang dianalisis dengan mencari ratarata nilai peserta didik selanjutnya dikualifikasikan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada subjek penelitian yaitu 7,94. Setelah rata-rata tersebut dikualifikasikan diperoleh kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model Problem Based Learning masuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, PESRTA DIDIK, PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:01
Last Modified: 19 Jul 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38756

Actions (login required)

View Item View Item