Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions Berbantuan LKPD Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 4 Padang.

Elwardha, Choiria (2022) Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions Berbantuan LKPD Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CHOIRIA_ELWARDHA_17029058_272_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik dapat memiliki pemahaman konsep yang baik. Namun kenyataanya pemahaman konsep peserta didik di SMPN 4 Padang tergolong rendah. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menerapkan pendekatan Etnomatematika berorietasi motif ukiran pada rumah gadang. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMP N 4 Padang setelah diterapkannya Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan LKPD Berbasis Etnomatematika . Jenis penelitisn ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan the one shot class study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas IX SMPN 4 Padangtahun pelajaran 2021/2022. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan rata-rata nilai tes dan persentase jumlah peserta didik. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perkembangan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan Model Student Teams Achievement Divisions Berbantuan LKPD Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas IX SMPN 4 Padang di kelas IX SMPN 4 Padang mengalami peningkatan pada beberapa indikator pemahaman konsep yaitu: menyatakan ulang konsep,mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut, mengidentifikasi sifat-sifat operasi atau konsep, menerapkan konsep secara logis,memberi contoh dan bukan contoh dari konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengaitkan berbagai konsep dalam matematika maupun diluar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP, ETNOMATEMATIKA, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:01
Last Modified: 19 Jul 2022 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38753

Actions (login required)

View Item View Item