Persepsi Guru Pamong terhadap Penguasaan Materi Pembelajaran Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) (Studi Terhadap Mahasiswa Sejarah FIS UNP Periode Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021)

Anggraini, Santi (2022) Persepsi Guru Pamong terhadap Penguasaan Materi Pembelajaran Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) (Studi Terhadap Mahasiswa Sejarah FIS UNP Periode Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Santi_Anggraini _17046052_494_2022.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Persepsi Guru Pamong terhadap Penguasaan Materi Pembelajaran Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) (Studi Terhadap Mahasiswa Sejarah FIS UNP Periode Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 6 indikator dan 23 item. Subjek penelitian ini adalah guru pamong dari mahasiswa PLK jurusan Sejarah pada SMA di kota Padang yang berjumlah 13 orang. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase Berdasarkan hasil penelitian, temyata secara umum persepsi guru pamong terhadap penguasaan materi pembelajaran sejarah mahasiswa PLK menilai positif dengan persentase 64%, sedangkan masih negatif sebesar 36%. Kemampuan mahasiswa praktek lapangan kependidikan (PLK) jurusan sejarah dalam penguasaan materi sudah positif, karena mahasiswa bisa bekerja secara konsentrasi dan fokus,berdiskusi dengan beberapa orang temannya dan tidak berhadapan langsung dengan banyak orang. Dari segi melaksanakan praktek dilapangan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi dalam mengajar masih negatif dikarekakan ketika mahasiswa sendiri berhadapan langsung dengan peserta didik dalam mengajar, pembelajaran tidak berjalan dengan baik dikarenakan ketidak konsentrasian dan kurang fokus serta materi yang di ajarkan tidak di kuasai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:00
Last Modified: 19 Jul 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38750

Actions (login required)

View Item View Item