Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Program Linear Kelas XI SMA/MA.

Saleh, Ataya Aufa (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Program Linear Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ATAYA_AUFA_SALEH_17029084_1940_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Karakteristik bahan ajar yang ditetapkan oleh kurikulum 2013 idealnya harus dapat memfasilitasi siswa untuk kritis dan aktif terlibat dalam pembelajaran. Namun kenyataannya, bahan ajar yang digunakan guru masih berupa modul yang berisi pemaparan materi. Belum ada pertanyaan-pertanyaan yang dapat membimbing siswa menemukan teorema atau prinsip materi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan berbasis model problem based learning (PBL) yang valid dan praktis. Dengan menggunakan model PBL, siswa dapat terlibat aktif dan kritis dalam pembelajaran karena salah satu karakteristik PBL adalah memusatkan pembelajaran pada siswa dan guru sebagai fasilitator yang bertugas membimbing siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga fase yaitu preliminary research (fase investigasi awal), development or prototyping phase (fase pengembangan atau pembuatan prototype), dan assessment phase (fase penilaian). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Bungo. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan pengisian angket. Data pengisian angket dianalisis dengan statistik deskriptif. sedangkan data hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh LKPD berbasis PBL yang valid dan praktis. LKPD valid dari 2 aspek penilaian yaitu aspek isi/materi LKPD dan aspek kebahasaan. Nilai validitas LKPD untuk aspek isi/materi adalah 86,2% yang mana masuk pada kategori sangat valid. Lalu, nilai validitas LKPD untuk aspek kebahasaan yaitu 97,23% yang mana juga masuk pada kategori sangat valid. Selain itu, LKPD yang dikembangkan praktis karena dapat digunakan dengan mudah oleh siswa. Nilai praktikalitas LKPD adalah 94% yang mana masuk pada kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PROGRAM LINEAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:00
Last Modified: 19 Jul 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38746

Actions (login required)

View Item View Item